Pseudoplatystoma fasciatum


Klasifikasi : Kingdom: Animalia, Phyllum: Chordata, Kelas: Actinopterygii, Ordo: Siluriformes, Famili: Pimelodidae, Genus: Pseudoplatysomata, Spesies: Pseudoplatystomata fasciatum
Deskripsi :
Ikan macan merupakan jenis ikan yang berukuran sedang, panjang tubuhnya dapat mencapai 90 cm. Tubuhnya berbentuk bulat memanjang, kepalanya besar dan panjang berbentuk sperti paruh bebek, misai 3 pasang berukuran panjang yang melebihi separo panjang tubuhnya. Ikan ini mempunyai mata berbentuk bulat dan berukuran besar, sirip-siripnya tampak kokoh dengan duri keras, sirip punggung menyerupai layar perahu, sirip ekor bercagak yang dibagian atas juga tampak seperti layar. Warna tubuhnya coklat kehijauan dengan pola-pola garis dan totol-totol hitam pada tubuh bagian lateral-dorsal dan seluruh sisik-sisiknya.
Perilaku
Ikan macan termasuk jenis ikan yang berperilaku nocturnal, mencari pakan pada suasanan gelap, malam hari.Misainya untuk membentu dengan cepat memperoleh mangsa dan mendeteksi arah datangnya bahaya. Pada waktu siang hari ikan ini biasanya akan melayang di tengah air yang berdekatan dengan benda-benda yang ada, tampak seperti kayu.
Reproduksi
Berkembang biak melalui pembuahan eksternal, telur yang dihasilkan akan menempel pada substrat seperti potongan ranting di dalam air atau media tanaman. Telur-telur akan menetas beberapa hari setelah pembuahan.
Pakan
Beberapa jenis mangsa antara lain, insekta, udang, dan ikan kecil.
Habitat
Menyukai habitat yang berbatu dengan tanaman air, suasana gelap. Temperatur air 23-28 derajat Celcius. Tersebar di Amerika Selatan bagian utara.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Pseudoplatystoma fasciatum "

Post a Comment

UA-77170162-1