Pangasianodon gigas


Klasifikasi : Kingdom: Animalia, Phyllum: Chordata, Kelas: Actinopterygii, Ordo: Siluriformes, Famili: Pangasiidae, Genus: Pangasianodon, Spesies: Pangasianodon gigas

Deskripsi :
Panjang tubuh ikan ini mencapai 3,2 meter, dan berat tubuhnya mencapai 300 kg. ikan ini merupakan jenis ikan air tawar terbesar di dunia.  Warna tubuhnya hitam pada bagian setengah sisi tubuhnya hingga atas, sedangkan setengah sisi ke bawah berwarna putih. 

Perilaku : Ikan ini akan berkumpul dan membentuk kelompok saat awal musim hujan dan akan bermigrasi ke daerah hulu untuk bertelur. Umumnya aktif saat siang hari, tetapi terkadang juga saat malam hari. Jika tanpa adanya gangguan atau migrasi, umumnya ikan ini bergerak lambat.

Reproduksi : Musim reproduksi terjadi saat awal musim hujan di daerah muara. Menyukai daerah berlumpur saat bereproduksi. Menghasilkan ribuan butir telur yang diletakkan di dasar sungai. Pembuahan telur terjadi secara eksternal (di luar tubuh).

Pakan : saat muda ikan ini merupakan pemakan daging dan zooplankton. Terkadang juga kanibalisme. Setelah dewasa hewan ini umumnya memakan tumbuh-tumbuhan di sungai, ganggang, lumut dan alga.

Habitat : Merupakan jenis ikan air tawar. Tersebar terutama di daerah Mekong Vietnam, dan beberapa negara di Asia bagian Selatan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Pangasianodon gigas "

Post a Comment

UA-77170162-1